Thursday, January 19, 2017

Penyebab Kucing Terlalu Gemuk

Penyebab Kucing Kegemukan - Ketika memelihara kucing lalu melihat kucing kalian terlalu gemuk atau kucing kalian kegemukan mungkin kalian aka merasa cemas dan bertanya tanya, apa sih yang membuat kucing saya terlalu gemuk. Memiliki kucing yang gemuk mungkin idaman bagi semua pemilik kucing namun jika kucing terlalu gemuk maka tentu saja hal tersebut tidak baik untuk kucing.
Penyebab Kucing Terlalu Gemuk
Kucing Terlalu Gemuk Sumber gambar : youtube.com
Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kegemukan pada kucing? Kucing gemuk bisa disebabkan oleh beberapa hal dan mungkin itu juga merupakan ulah dari pemilik kucing itu sendiri, namun pemilik kucing tidak menyadarinya.
Baca juga : Informasi Penyakit Cacingan Pada Kucing
Jika kalian ingin tahu mengenai beberapa hal yang menyebabkan kucing menjadi terlalu gemuk maka pada artikel ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat menyebabkan kucing mengalami kegemukan, silahkan simak dibawah ini.

Hal yang Menyebabkan Kucing Kegemukan

1. Makan Terus Menerus
Kucing memang memiliki porsi makan yang sedikit dalam sekali makan. Namun mereka yang cenderung bosan terkadang melampiaskan kebosanan mereka dengan makan. Apalagi jika di mangkuk makananya selalu ada makanan.
So, sebaiknya kalian tidak membiarkan mangkuk makan si kucing selalu terisi. Cukup beri makan 3x sehari saja agar kucing tidak makan secara berlebihan.

2. Dry Food
Beberapa jenis dry food memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Memang sih, tubuh kucing tidak bisa memproduksi lemak sendiri, tetapi kandungan lemak yang berlebihan dalam makanannya juga tidak baik bagi tubuh si kucing.
So, saat membelikan dry food untuk si kucing, perhatikan komposisinya. Carilah yang kandungan proteinnya lumayan besar. Biasanya harganya juga akan lebih mahal karena protein lah yang paling mahal harganya. Selain itu, kalian juga bisa memberikan si kucing wet food sebagai selingan.

3. Kebiri
Ternyata pengebirian terhadap kucing jantan selain berdampak pada menurunnya agresifitas, berdampak juga terhadap menurunnya metabolisme tubuh si kucing. Sehingga lemak dalam tubuh si kucing akan menjadi lebih lambat terbakar.
So, kalian bisa berkonsultasi kepada dokter hewan mengenai diet yang tepat terhadap kucing. Atau yang paling simple ya ikuti saran pada kasus nomer 1 dan 2, serta ditambah sering diajak bermain-main.

4. Makanan yang Tepat
Maksudnya adalah jika kucing kalian masih kitty, berikan makanan untuk anak kucing. Jika kucing kalian sudah dewasa, berikan makanan kucing dewasa. Seperti yang kita tahu, komposisi makanan anakan kucing lebih banyak mengandung gizi untuk membantu pertumbuhan si anak kucing. So jika dimakan oleh kucing dewasa yang sudah tidak tumbuh lagi, dapat menimbulkan kegemukan.
Meskipun demikian, beberapa orang justru menyarankan agar induk kucing yang sedang hamil dan menyusui, diberi makanan anak kucing, karena si induk butuh asupan gizi ekstra yang tidak didapat dari makanan kucing dewasa.

5. Kurang Olahraga
Sama halnya dengan manusia, kucing pun akan mengalami kegemukan jika tidak cukup berolahraga. Apalagi jika porsi makannya berlebihan. So, sering-seringlah mengajak kucing bermain-main, atau berikan mereka sesuatu yang dapat mereka mainkan.

Itulah beberapa hal yang mungkin menyebabkan kucing terlalu gemuk atau kucing kegemukan, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk para pecinta kucing semuanya.
Load disqus comments

0 comments