Wednesday, December 21, 2016

Hal yang Menyebabkan Kucing Tidak Mau Makan dan Mengatasinya

Kucing Tidak Mau Makan - Bagi para pemelihara kucing melihat kucing peliharaan mereka tidak mau makan merupakan permasalahan tersendiri. Hal hal yang menyebabkan kucing tidak mau makan sedikit susah diketahui. Kucing berbeda dengan hewan lain, dia bisa lebih rentan terkena penyakit jika tidak makan satu hari saja.
Hal yang Menyebabkan Kucing Tidak Mau Makan dan Mengatasinya
Kucing Tidak Mau Makan
Sumber gambar : aboutpetlife.com

Jika diantara kucing kalian dirumah ada yang tidak mau makan mungkin bisa disebabkan oleh beberapa hal dibawah ini.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan
  • Makanan
Lihat dulu makanan yang kita berikan. Apakah kamu memberi makanan yang itu-itu saja? Jika iya pasti mereka bisa merasa bosan. Kita juga sebagai manusia tentu merasa bosan jika dihidangkan makanan yang sama setiap hari.
  • Nafsu Makan
Apakah kucingmu terlihat senang untuk makan, coba perhatikan. Jika sudah melakukan banyak hal namun belum berhasil, mungkin dia kurang vitamin.
  • Penyakit mulut
Coba kamu periksa kucingnya, apakah ada luka di mulutnya atau bau yang kurang sedap dibanding biasanya.
  • Masalah Sistem Pencernaan
Biasanya masalah ini disebabkan seperti adanya benda asing dalam tubuh kucing, ada radang, parasit atau sebagainya.
  • Bosan
Bosan merupakan alasan sebagian orang untuk malas makan, begitu juga dengan kucing. Kasus ini terjadi untuk banyak ras kucing khususnya kucing persia dan biasanya kucing cenderung lebih suka tidur dibanding biasanya.
  • Sakit
Kucing juga bisa sakit, kalau kucing sedang sakit biasanya kucing tidak mau makan dan muntah atau lemas.
  • Stress
Coba lebih perhatikan hal yang membuat kucingmu stress. Umumnya ada 2 faktor, lingkungan dan tekanan. Untuk lingkungan apakah kamu baru saja mengadopsi kucing tersebut? Kalau iya, berarti kucing itu belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang asing.

Kemudian apakah kucingmu sedang birahi? Kucing yang sedang dalam masa birahi atau ingin kawin biasanya rentan tertekan dan  terjadi penurunan nafsu makan, apa lagi jika dia tidak punya pasangan kawin, suasana hatinya akan kacau dan dia bisa stress.
Baca juga : Fakta Unik Kucing yang Mungkin Belum Kalian Ketahui
Lalu bagiamana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan tersebut.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
  • Berikan variasi makanan
Dengan memberi varian makanan yang bermacam-macam bisa membuat kucingmu tidak bosan dengan makanan yang dihidangkan, cocok sekali untuk si kucing yang bosan dengan makanan yang itu-itu saja.
  • Pancing nafsu makan
Caranya bagaimana? Mudah kok, dengan cara menyodoran makanan ke dekat hidungnya atau dengan cara mengoleskan daging atau makanan basah kucing di mulut atau hidungnya. Bau makanan kucing yang lezat diharapkan dapat memancing nafsu makan kucing.
  • Suapi kucingmu
Jika kucingmu sakit atau lemas, cobalah untuk menyuapi kucingmu supaya tetap mendapatkan asupakan makanan yang cukup. Kamu bisa menggunakan sendok kecil, tangan maupun syringe (suntikan tanpa jarum) dan tentu makanan yang diberikan tergolong makanan basah kalengan.
  • Obati Penyakit Mulut
Jika kucingmu terkena penyakit mulut, bisa gunakan obat manusia untuk mengobatinya.
  • Beri Vitamin
Berikan vitamin yang mengandung B kompleks dan lysin (asam amino lisin) yang dapat dibeli di apotik terdekat seperti Biolysin, Lysmin atau Becombion dan biasanya takaran untuk anak-anak. Vitamin tersebut selain berguna untuk menambah nafsu makan,
  • Ajak Kucing bermain
Mungkin saja kucingmu jarang bermain atau melakukan aktivitas, usahakan dari awal kamu mengadopsi atau memeliharanya ia sudah dibiasakan untuk bermain-main supaya dia aktiv dan tidak cepat bosan, tentu ini akan berpengaruh terhadap nafsu makannya.
  • Berikan Tempat yang Nyaman
Bagi kucing yang baru kamu adopsi, tentu dia akan mengalami fase tertekan karena lingkungan yang asing. Coba buat lingkungan tempat tinggalmu dan si kucing tentunya senyaman mungkin. Kalau bisa, jauhkan dari kucing nakal yang mungkin malah akan mengganggu ia untuk beradaptasi. Jika sudah terasa baik, beri makan secara teratur.
  • Tube Feeding
Sesuai namanya, tube feeding merupakan pemberian makan dengan cara memasukkan makanan ke dalam perut langsung melalui selang. Cara ini hanya untuk keadaan darurat saja jika berbagai usaha sudah kamu coba. Dan kalau bisa selalu konsultasi dengan dokter atau yang ahli dalam kesehatan kucing.
  • Bawa ke Dokter
Jika sudah melakukan semua hal diatas dan kucing tetap tidak mau makan maka sebaiknya kalian membawa kucing ke dokter karena mungkin kucing sedang sakit dan hanya dokter yang bisa mengetasinya.

Demikian mengenai penyebab kucing tidak mau makan dan cara mengetasi kucing yang tidak mau makan, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk cats lovers semua.
Load disqus comments

0 comments